Mbah Lamirah dan Mbah Mainten, Lansia Produktif Binaan Bina Mulia

Usia lanjut bukanlah menjadi hambatan bagi siapa saja yang ingin berjuang, bertahan hidup dan mewujudkan impiannya. Mbah Lamirah (94) dan Mbah Mainten (82) adalah sosok wanita lanjut usia yang pantang menyerah tidak ingin berpangku tangan kepada oang lain. Rela bekerja apapun demi menyambung hidupnya di usia-usia senja.

Mbah Lamirah tinggal di Ds. Mojoranu Kec. Dander Kab. Bojonegoro, setiap hari berjualan telur keliling menyusuri tiap pintu rumah warga di sekitar rumahnya. Setiap hari ia lakukan untuk mencukupi segala kebutuhan hidup, apalagi dirumah ia juga merawat suaminya yang terkena stroke. “Segala sesuatu yang hari ini saya lakukan saya hanya berharap satu, Allah mudahkan segala urusan kami dan jagalah kami berdua”, (kata yang sudah diterjemahkan menggunakan bahasa Indonesia) ucap Mbah Mainten dengan wajah penuh keriputnya. Bagaimanapun Mbah Laminten saat ini usianya mendekati 1 abad sehingga apapun itu harapannya hanyalah diberikan kekuatan mengingat suaminya yang sudah tidak mampu bergerak akibat stroke.

Mbah Lamirah sedang berkeliling berjualan telur

Begitu juga dengan perjuangan Mbak Mainten (82), lansia yang seorang diri hidup sendirian dirumah. Jauh dari keramaian karena letak geografis rumahnya yang berada di pelosok desa atau di ujung timur selatan Kabuapten Bojonegoro, yaitu Ds. Tondomulo Kec. Kedungadem. Setiap hari memungut daun pandan untuk dijadikan tikar. Seorang diri tidak membuat Mbah Mainten patah arang untuk berjuang karena menurutnya lebih baik berjuang dengan cara apapun daripada harus meminta orang-orang untuk makan.

Mbah Mainten sedang menjemur daun pandan agar bisa dijadikan tikar

Yayasan Bina Mulia berdasarkan informasi yang didapatkan melalui salah satu donatur mencoba melihat keadaan Mbah Lamirah dan Mbah Mainten untuk mengetahui kebenaran informasi yang diberikan terhadap kedua lansia tersebut. Benar saja kedua lansia tersebut sangatlah memprihatinkan untuk kemudian Tim Bina Mulia mencoba mengajak komunikasi Mbah Lamirah dan Mbah Mainten di tempat dan waktu yang berbeda. Tim Bina Mulia mencoba menawarkan beberapa hal yang kiranya bisa membantu keduanya, namun Mbah Lamirah dan Mbah Mainten memiliki keinginan yang sama yaitu bisa memiliki usaha dirumahnya agar tidak perlu lagi berkeliling mengingat kakinya yang semakin berkurang kekuatannya untuk berjalan.

Kiri Mbah Lamirah Kanan Mbah Mainten saat keduanya mendapatkan bantuan usaha dan modal usaha

Alhamdulillah, berkat ulur tangan Sobat Mulia semua keinginan Mbah Lamirah dan Mbah Mainten bisa terwujud, sekarang mereka sudah memiliki usaha sendiri dirumahnya agar bisa berjualan dirumah saja tanpa harus berkeliling setiap hari. Tim Bina Mulia memberikan keduanya berupa paket usaha dan juga modal usaha untuk operasional beberapa bulan kedepan. Semoga Mbah Lamirah dan Mbah Mainten selalu diberikan kesehatan dan ulur tangan tangan Sobat Mulia diberikan balasan oleh Allah Swt. Aamiin.

Untuk mendapatkan informasi pelaksanaan kegiatan Bina Mulia , Sobat Mulia bisa pantau terus melalui media sosial Bina Mulia.
Sobat Mulia juga bisa menyalurkan donasi melalui :

  • Mandiri : 178.000.189.1221
  • BNI : 899.1234.895
  • BRI : 0011.0100.231.6565
  • BCA : 824.0739.888

Dana yang didonasikan melalui Yayasan Binamulia bukan bersumber dan bukan untuk tujuan pencucian uang (money laundry), termasuk terorisme maupun tindak kejahatan lainnya.

Program & Berita Terbaru

Scroll to Top